Mengeksplor Keindahan Solo Saat Liburan

Liburan Di Solo – Berlokasi di sebelah timur dari Yogyakarta, Solo seringkali disebut sebagai saudara dari kota Gudeg ini. Pasalnya, budaya dan keraifan lokal yang ditawarkan di Solo mirip dengan kearifan budaya di Jogja.

Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang berkunjung ke Jogja juga menyempatkan diri untuk berjalan-jalan ke Solo. Terutama untuk berbelanja batik murah di pasar Klewer.

Secara umum, berikut rangkaian kegiatan berlibur yang dapat anda lakukan selama berlibur di kota Solo, Jawa Tengah.

Liburan Di Solo

Daftar Kegiatan Berlibur Di Solo

  1. Tinggal di Hotel Tradisional

Roemahkoe Heritage Hotel B & B di daerah Laweyan adalah sebuah hotel berdesain Art Deco dengan membawa kesan klasik dan lama. Jumlah kamar dalam hotel ini sangat terbatas yakni 13 kamar saja.

Sehingga bila anda ingin menginap disini, sebaiknya memesan dari jauh-jauh hari, karena terutama pada saat liburan, kamar hotel akan selalu penuh oleh para pengunjung.

Selain itu masih ada lagi hotel bernama Omah Sinten yang terletak di pusat kota, dengan mengusung arsitektur budaya Jawa yang sangat kental. Memilih jenis hotel seperti ini tentu akan membuat anda semakin merasakan kekentalan tradisi di Solo.

  1. Menyaksikan Atraksi Budaya

Layaknya Jogja, Solo juga memiliki berbagai ritual yang sering dilakukan pada hari atau malam-malam tertentu.

Bila anda berkunjung saat malam satu syuro, anda dapat melihat gunungan diarak dan diperebutkan oleh para masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai simbol bahwa hasil bumi yang ada pada gunungan tersebut dapat membawa kebaikan dan nasib baik pada yang menyimpannya.

Selain itu, pada beberapa tempat budaya di Solo juga sering diadakan pertunjukan tarian Bedhoyo sebagai salah satu bentuk tarian mistis khas Solo.

Berlibur Di Solo Tarian Bedhoyo

Saat pertunjukan tarian ini berlangsung, para wisatawan biasa turut menyaksikan tarian yang khas ini, baik dari wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

  1. Kuliner Kota Solo

Saat mengunjungi suatu kota, tentu anda harus mencicipi citarasa khas dari kota tersebut. Ada banyak makanan khas Solo yang dijajakan di pinggir jalan, terutama di depan pasar Klewer.

Beberapa makanan yang dapat anda coba mulai dari Timlo, Selad Solo, Nasi Liwet, Nasi Gudeg, Rawon, Lotek, dan beragam citarasa lokal lainnya.

Harga yang ditawarkan pun relatif murah mulai dari Rp10.000 saja. Selain mencicipi makanan berat, jangan lupa untuk mencoba pula jajanan Serabi Notosuman yang legendaris.

  1. Berburu Batik

Kenyang mengisi perut, kini saatnya bagi anda untuk berbelanja di pasar Klewer. Di pasar terbesar di Kota Solo ini memang sudah dikenal sebagai pasar yang menjual banyak jenis batik dalam jumlah besar atau grosir.

Selain itu, anda dapat menawar dengan harga sangat murah disini. Selain batik, pasar ini juga menawarkan beragam kelengkapan fashion mulai dari baju wanita, sepatu, pakaian dalam, hingga peralatan ibadah.

Itulah beberapa hal yang patut anda coba saat sedang berlibur kota Solo. Jangan lupa untuk menjelajahi berbagai pasar tradisional yang ada. Karena anda akan semakin menemukan citarasa dari solo yang beragam serta keramahan para penduduknya.