Satu Lagi Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bali: Puri Saren Agung

Wisata Ubud Bali – Puri Saren Ubud, atau yang biasa dikenal luas sebagai Istana Ubud. Adalah sebuah Istana Kerajaan Ubud dengan rumah-rumah tradisional Bali yang indah sebagai tempat tinggal Raja Ubud.

Lokasi Puri Saren Agung

Tempat ini terletak di pusat Ubud Bali dengan pasar seni tradisional tepat di depannya dan ditemukan oleh Ida Tjokorda Putu Kandel yang telah memerintah sejak tahun 1800 – 1823.

Istana ini merupakan pusat kehidupan budaya yang artistik, sedangkan pasar tradisional yang ada di sekitar Puri Saren merupakan simbol ekonomi warga lokal.

Wisata Bali Puri Saren Dalem

Keberadaan Puri Saren sebagai istana dilengkapi oleh desain Wantilan atau aula yang merupakan bangunan untuk ruang pertemuan besar. Ditambah dengan keberadaan pohon beringin di sekitar area tersebut sebagai tempat berteduh di siang hari.

Pasar tradisional adalah tempat ekonomi masyarakat berkembang dan keberadaannya selalu berbatasan dengan istana. Hal tersebut berarti pertemuan kedua kutub tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat dan kerajaan yang berjajaran dan seimbang.

Wisata Istana Ubud

Puri Saren juga ditunjuk sebagai salah satu destinasi wisata di Bali bagi wisatawan. Akan terasa tidak lengkap dalam perjalanan ke Ubud jika anda tidak mengunjungi Istana Ubud dan pasar tradisional di sekitarnya.

Wisata Puri Saren Agung Bali

Pasalnya, kedua tujuan wisata ini adalah jiwa dan identitas Desa Ubud sendiri. Desain bangunan istana Ubud sangat indah dengan konsep yang artistik tradisional dan mengandung nilai estetika yang tinggi.

Daya tarik ini yang selalu memikat hati para pengunjung. Oleh karena itu, tambahkan Puri Saren ke daftar tempat yang harus dikunjungi saat anda berlibur ke Bali, karena tempat ini tidak boleh terlewat untuk dikunjungi.

Pelukis Puri Saren

Beberapa pelukis kelas dunia dari Eropa pernah tinggal di Ubud seperti Rudolf Bonnet, Arie Smith, Walter Spies, Hans Snell, Antonio Blanko, dan lain-lain.

Para pelukis yang berasal dari seluruh dunia ini melalui karya melukisnya secara tidak langsung ikut mempromosikan Pariwisata Bali. Karena tema atau objek lukisan mereka adalah tentang budaya dan sifat Bali.

Untuk melihat hasil karya seni pelukis terkenal tersebut, anda dapat melihatnya di Ubud Painting Museum dimana letaknya hanya 200 meter sebelah barat istana ini.

Karena masih berada satu lokasi dengan istana Ubud, tentu kunjungan ke pameran lukisan ini juga tidak boleh anda lewatkan. Pada intinya, berwisata ke Puri Saren adalah salah satu aktivitas yang harus anda lakukan saat berkunjung ke Ubud.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, bangunan puri yang artistic serta menampilkan arsitektur budaya Bali yang sangat kental dan masih terjaga dengan sangat baik.

Selepas berkunjung ke Puri Saren, masih ada beberapa tempat yang dapat anda coba kunjungi saat berada di Ubud. Hal itu seperti Rafting di sungai Ubud, menjelajahi daerah Kintamani, dan lain sebagainya.