Rekomendasi Wisata Kuliner di Jogja

Wisata Kuliner Jogja – Sebagai kota pelajar, Jogja sering dikunjungi oleh para wisatawan, karena juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak jajanan murah.

Ketika orang menyebutkan kata Jogja, kuliner yang selalu terbersit di kepala kebanyakan orang adalah Gudeg. Makanan yang terbuat dari gori (nangka muda) yang diolah dengan gula merah serta dengan lauk pauk lain seperti telur dan ayam tersebut telah menjadi ciri khas dari Jogja.

Namun faktanya, rasa manis dari olahan masakan gudeg tersebut tidak membuat setiap lidah menyukainya. Banyak wisatawan yang berkomentar bahwa olahan gudeg terlalu manis karena terlalu banyak menggunakan gula merah didalamnya.

Daftar Wisata Kuliner Favorite di Jogja

Namun bila anda sedang atau tengah berencana untuk liburan ke Jogja, maka ada beberapa tempat kuliner pilihan yang dapat anda coba icipi, dengan menawarkan beragam citarasa yang berbeda dan beraneka ragam.

House of Raminten

Di tempat makan yang berlokasi di Jalan FM Noto no7, Kotabaru, Yogyakarta ini, anda dapat mencicipi berbagai jenis hidangan khas Jogja dan Jawa utamanya. Mulai dari nasi kucing seharga Rp3,000 rupiah per piringnya, hingga bakmi Jawa seharga Rp15.000 per piring.

Selain itu ada capcay, nasi goreng, aneka olahan ayam dan ikan, dan lain sebagainya. Selain menawarkan makanan yang nikmat, House of Raminten juga menyediakan beragam minuman tradisional. Menunya seperti aneka jamu, bir jawa, hingga minuman es campur berukuran jumbo yang dapat dinikmati oleh tiga hingga 5 orang.

Wisata Kuliner Jogja House of Raminten

Selain makanan dan minuman khas Jawa, tempat makan yang buka 24 jam ini menawarkan konsep tempat makan tradisional khas jawa yang masih orisinil.

Tak ayal ketika musim liburan tiba, tempat ini selalu ramai pengunjung, bahkan anda harus antri untuk mendapatkan kursi, terutama ketika jam makan malam.

Sate Klathak Pak Pong

Kurang lengkap rasanya bila anda mengunjungi Jogja belum mencoba olahan kuliner sate Klathak. Sate ini merupakan jenis sate kambing. Dinamakan demikian karena saat proses pembakaran sate diatas tungku arang terdengar bunyi “klathak”.

Keunikan dari sate ini adalah cara memasaknya yang menggunakan jeruji bisa, beda dari sate biasa yang menggunakan tusuk bambu.

Untuk sate Klathak Pak Pong sendiri merupakan sate Klathak legendaris yang sangat terkenal dan terletak di kawasan Imogiri, Bantul. Selain sate Klathak, masih banyak olahan kambing yang disediakan di tempat ini, mulai dari sate kambing biasa, tengkleng, rica-rica, hingga nasi goreng kambing.

Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp25.000 untuk satu porsi sate Klathak yang terdiri dari 2 tusuk sate ukuran besar.

Kalimilk

Bagi para pecinta nongkrong, Kalimilk menjadi salah satu rekomendasi tempat nongkrong di Jogja yang perlu dicoba.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan susu segar sebagai menu utamanya. Anda dapat mencoba berbagai olahan susu dengan berbagai rasa. Selain itu juga ada berbagai makanan seperti risoles, kentang goreng, pisang goreng, dan masih banyak jajanan lainnya.

Wisata Kuliner Jogja Kalimilk

Tempat yang berada di Jalan Kaliurang KM 4,9 ini buka dari pukul 11.00 siang hingga malam hari sampai habis.

Itulah beberapa tempat rekomendasi kuliner saat di Jogja. Pastikan anda menyiapkan perut yang kosong karena kuliner tersebut akan membuat anda ingin makan lagi dan lagi. Selamat mencicipi.