Melarikan Diri Dari Hiruk Pikuk Kota ke Pulau Sumbawa

Wisata Pulau Sumbawa – Bali dan Lombok adalah nama yang paling sering didengar dan sangat umum terkenal di kalangan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Kedua pulau ini memiliki daya tarik wisata alam mulai dari lanskap, pegunungan, hingga pantai yang sangat indah.

Wisata Pulau Sumbawa Pantai Sekongkang

Namun di wilayah Indonesia bagian tengah, masih ada satu pulau lagi yang masih terjaga dengan asri dan alami. Sehingga bagi mereka yang ingin melarikan diri hari hiruk pikuk perkotaan, tempat ini menjadi tempat yang sangat cocok.

Ialah pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang terletak di antara pulau Lombok dan juga Pulau Komodo. Pulau yang berbentuk unik memanjang dari barat ke timur ini memiliki beberapa spot diving dan pemandangan alam indah lainnya untuk dieksplorasi.

Wisata Diving, Snorkling, Surving di Sumbawa

Bagi para wisatawan asing, Sumbawa dikenal sebagai salah satu spot diving paling tenar di kawasan Indonesia tengah. Tempat-tempat surving yang terkenal di Sumbawa antara lain adalah Kertasari, Jelenga, Maluk dan Sekongkang, yang terletak di bagian barat pulau ini.

Wisata Diving, Snorkling, Surving Sumbawa

Selain itu, di Kabupaten Dompu, Sumbawa Tengah, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitar Lakey Peak dan Periskop. Kedua daerah ini selalu menarik para peselancar di sepanjang tahunnya.

Ombak yang bersahabat menjadikan banyak peselancar dunia yang ingin menyambangi wilayah ini.

Wisata Pulau

Di bagian utara pulau, ada Laut Saleh yang memiliki lusinan pulau karang kecil yang sangat menawan. Dimana sering dikunjungi oleh para wisatawan yang benar-benar ingin menjauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Poto Tano, pelabuhan di barat Sumbawa sendiri dikelilingi oleh tidak kurang dari delapan pulau. Berlayar di sepanjang pantai utara anda bisa mengunjungi Gili Bedil yang luar biasa.

Atau untuk mereka yang memiliki sedikit uang dan waktu. Bisa mencoba Pulau Moyo yang spektakuler, tempat air terjun terindah dan juga snorkling yang sangat bagus bisa menjadi pilihan.

Lebih jauh ke barat terletak Pulau Satonda, sebuah gunung berapi yang sebagian terendam di laut, dan daerah ini juga terkenal sebagai kawasan snorkeling terbaik.

Pulau Sangiang

Sedangkan di wilayah lepas pantai di timur Sumbawa, ada pulau Sangiang yang didominasi oleh Gunung Api di ketinggian lebih dari 1.950 meter. Di sekitar pulau Sangiang sendiri masih banyak pulau-pulau kecil lainnya yang menawarkan keindahan dan keasrian alam yang masih sangat terjaga.

Tempat ini sangat cocok untuk para pecinta dan penjelajah alam sebagai tempat berkemah, karena pemandangan disini sangat indah dan benar-benar jauh dari perkotaan.

Pada intinya, daya tarik berwisata di Pulau Sumbawa adalah banyaknya keindahan alam yang masih sangat dijaga dengan alami dan asri.

Berbagai hutan tropis dengan daya tarik air terjun di dalamnya sering menjadi perburuan para wisatawan yang berkunjung ke pulau besar ini.

Pantai Sumbawa

Sementara bagi pecinta pantai, berlibur di kawasan pantai di Sumbawa tentu akan memberikan kesan pantai pribadi. Karena tidak banyak wisatawan yang mengeksplor Pulau Sumbawa layaknya di Bali dan Lombok.

Sehingga anda dapat dengan leluasa dan bebas main di pinggir pantai seharian hingga kulit menghitam terbakar oleh sinar matahari. Demikian sedikit referensi jika anda ingin pergi berwisata ke pulau sumbawa. Yuk tunggu apalagi mari kira berlibur 🙂